Abstract :
Penelitian ini membahas tentang bagaimana penggunaan media pembelajaran Mobile Learning untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kalianyar 2 Plalangan, Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penggunaan media Mobile Learning khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya guru atau praktisi pendidikan uji coba inovasi pembelajaran dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. PTK berfokus pada kelas atau pada proses belajar mengajar yang terjadi di kelas, bukan pada input kelas (silabus, materi dan lain-lain) ataupun output (hasil belajar). PTK harus tertuju atau mengenai hal-hal yang terjadi di dalam kelas.Hasil dari kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Mobile Learning memberikan pemahaman terhadap siswa tentang pemanfaatan teknologi sebagai salah satu sumber edukasi yang merangsang kemampuan kognitif dan motivasi belajar siswa kelas 4 SDN Kalianyar 2 Plalangan. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa yang meningkat.