DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Platform Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEB UTND)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Tjut Nyak Dhien
Author
Fitriyana, Rani
Subject
HF Commerce 
Datestamp
2024-02-23 04:26:10 
Abstract :
Shopee saat ini menjadi marketplace terbesar di Indonesia karena dapat membuka peluang usaha secara online. Situasi pandemi sangat membawa perubahan yang sangat pesat terutama didunia jual beli online yang telah memasuki dunia sekolah dan kampus. Perubahan didunia jual beli mencakup Fashion yang mengikuti Trend. Maka dari itu Shopee juga menyesuaikan target pasaran agar pelaku bisnis marketplace tetap berjalan. pengujung Shopee tidak mendapatkan tingkat teratas lagi karena disusul oleh Tokopedia yang lebih tinggi ataupun unggul 16% dari Shopee. Tujuan penelitian, berguna untuk mengetahui pengaruh Promosi terhadap Minat Beli, mengetahui pengaruh Brand Image terhadap Minat Beli serta mengetahui pengaruh Promosi dan Brand Image secara serentak terhadap minat beli pada Platform Shopee (Studi Kasus Mahsiswa FEB UTND). Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah shopee kalah bersaing dengan platform lainnya karena lebih dominan ke fashion dan pengunjung shopee belum menjangkau semua kalangan. Penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan insturmen kuisoner dilakukan pada populasi sebanyak 80 orang mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis, penelitian sampel menggunakan rumus slovin sehingga sampel penelitian sebanyak 80 orang. Hasil yang di dapat daripenelitian ini menunjukan bahwa: 1) Promosi secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Beli, 2) Brand Image secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Beli 3) Promosi dan Brand Image secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Beli. Nilai t hitung Promosi sebesar 16,048 > 1,664 (n-k =80-2=78 pada 0,05/5%) dan signifikan 0 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, maka Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, sehingga hipotesis (H1) sebelumnya diterima dan Nilai t hitung Brand Image sebesar 3,007 > 1,664 n-k= 80-2= 78 pada 0,05/5%) dan signifikan 0,004 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, maka Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Sehingga hipotesis (H2) sebelumnya diterima. Hasil Uji F menghasilkan Fhitung 327,324 > Ftabel 3,11 (k-1 pada k = 80-3= 77 pada 2) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Promosi dan Brand Image berpengaruh terhadap Minat Beli. Sehingga hipotesis (H1) dan (H2) sebelumnya diterima. 
Institution Info

Universitas Tjut Nyak Dhien