Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Master Grosir8 di Binjai.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Master Grosir8 di Binjai yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang cabang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrument pengambilan data menggunakan, angket. Hasil analisis regresi linear berganda Konstanta (a) sebesar 3,089 menunjukkan bahwa tanpa adanya variabel promosi (X1), dan kualitas pelayanan (X2) beserta keputusan pembelian (Y) pada master grosir8 di Binjai adalah 3,089.
Hasil penelitian menunjukkan hasil regresi linear berganda Y=3,089 + 0,631 X1 + 0,514 X2+ e yang artinya promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian uji t dimana t hitung 3,428>1,31, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan F tabel
28,719>3,34 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi (X1) dan
kualitas pelayanan (X2) secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian (Y).
R square menunjukkan koefisien determinasi adalah sebesar 0,680, artinya promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 68,0%, sedangkan sisanya sebesar 32,0 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.