DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI UPT PUSKESMAS TURI KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN
Total View This Week12
Institusion
Universitas Muhammadiyah Lamongan
Author
INDAH, RAHAYU NINGSIH
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2021-09-21 04:18:21 
Abstract :
ABSTRAK Indah Rahayu Ningsih. 2021. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat di UPT Puskesmas Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Karya Tulis Ilmiah Program Studi D3 Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. (1) apt. Muhtaromah, S.Si., Sp. FRS. (2) Ati’ul Impartina, S.ST., M. Kes. Pelayanan kefarmasian di Puskesmas adalah pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan presepsi antara harapan dan kenyataan. Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau bertambah buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di UPT Puskesmas Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Desain Penelitian ini bersifat deskriptif. Dimana metode sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Sampel penelitian di UPT Puskesmas Turi Lamongan sebanyak 90 pasien dengan menggunakan kuesioner pada bulan maret 2021. Pengolahan data menggunakan sistem editing, coding, scoring dan tabulating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien di UPT Puskesmas Turi Kabupaten Lamongan berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan adalah sebagian kecil 3 pasien (3%) menyatakan tidak puas, dan sebagian besar 47 pasien (52%) menyatakan puas. Melihat hasil penelitian ini maka masih ada yang harus diperbaiki seperti fasilitas ruang tunggu sebaiknya dibedakan untuk pengambilan obat agar pasien dapat menerima informasi obat dengan baik. Kata Kunci : Tingkat kepuasan pasien, pelayanan informasi obat dan puskesmas. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Lamongan