Abstract :
ABSTRAK
Indah Rahayu Ningsih. 2021. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap
Pelayanan Informasi Obat di UPT Puskesmas Turi Kecamatan Turi
Kabupaten Lamongan. Karya Tulis Ilmiah Program Studi D3 Farmasi
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. (1) apt.
Muhtaromah, S.Si., Sp. FRS. (2) Ati’ul Impartina, S.ST., M. Kes.
Pelayanan kefarmasian di Puskesmas adalah pelayanan langsung dan bertanggung
jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud
mencapai hasil untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kepuasan merupakan
perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan
presepsi antara harapan dan kenyataan. Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal
yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait
dapat saling mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah
bertambah baik atau bertambah buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di UPT Puskesmas Turi
Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Desain Penelitian ini bersifat deskriptif.
Dimana metode sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Sampel
penelitian di UPT Puskesmas Turi Lamongan sebanyak 90 pasien dengan
menggunakan kuesioner pada bulan maret 2021. Pengolahan data menggunakan
sistem editing, coding, scoring dan tabulating. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa tingkat kepuasan pasien di UPT Puskesmas Turi Kabupaten Lamongan
berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan adalah sebagian kecil 3 pasien (3%)
menyatakan tidak puas, dan sebagian besar 47 pasien (52%) menyatakan puas.
Melihat hasil penelitian ini maka masih ada yang harus diperbaiki seperti fasilitas
ruang tunggu sebaiknya dibedakan untuk pengambilan obat agar pasien dapat
menerima informasi obat dengan baik.
Kata Kunci : Tingkat kepuasan pasien, pelayanan informasi obat dan puskesmas.