Institusion
Universitas Muhammadiyah Lamongan
Author
ANI AINUN NASIROTUS S., NASIROTUS S.
Subject
RT Nursing
Datestamp
2021-09-24 02:50:38
Abstract :
ABSTRAK
Ani Ainun NS. 2021. Hubungan Perkembangan Psikososial Dengan Prestasi
Belajar Anak Di MI Darul Ulum Kabunan Kecamatan Balen
Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Universitas Muhammadiyah Lamongan.
Pembimbing: (1) Dadang Kusbiantoro, S. Kep., Ns., M. Si (2) Sylvi
Harmiadillah, S. Kep., Ns. M.Kep
Perkembangan psikososial merupakan perubahan dan kestabilitas dalam
emosi, kepribadian dan hubungan sosial yang dapat berpengaruh terhadap fungsi
kognitif dan fisik pada anak usia sekolah. anak usia sekolah (6-12 tahun) berada
dalam industry vs inferior dimana perkembangan psikososial anak akan mampu
menghasilkan keterampilan atau karya, berinteraksi dan berprestasi. Tujuan:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perkembangan psikososial
dengan prestasi belajar anak usia sekolah di MI Darul Ulum Kabunan Kecamatan
Balen Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel sebanyak 27
responden. Teknik penelitian menggunakan random Sampling. Variabel
dependen penelitian ini adalah perkembangan psikososial yang diukur dengan
kuesioner, dan variabel independen adalah prestasi belajar yang diukur dengan
nilai rata-rata raport siswa. Analisis penelitian ini menggunakan Spearmen Rho.
Hasil penelitian menunjukkan Tidak ada hubungan antara perkembangan
psikososial dengan prestasi belajar anak usia sekolah di MI Darul Ulum Kabunan
Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro dengan hasil: bila p ≤ 0,05 maka H1
ditolak artinya tidak ada hubungan perkembangan psikososial dengan prestasi
belajar anak di MI Darul Ulum Kabunan Kecamatan Balen Kabupaten
Bojonegoro.
Kata Kunci: Perkembangan Psiskososial, Prestasi Belajar.