DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DARING DAN MINAT BELAJAR DENGAN TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PERKULIAHAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN
Total View This Week12
Institusion
Universitas Muhammadiyah Lamongan
Author
DANIA, RISTANINGSIH
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2021-09-27 02:26:21 
Abstract :
ABSTRAK Ristianingsih, Dania. 2021. Hubungan Metode Pembelajaran Daring dan Minat Belajar Dengan Tingkat Pemahaman Materi Perkuliahan pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Arifal Aris, S.Kep., Ns., M.Kes, (2) Abdul Majid, SE., MM. Pembelajaran daring menjadi solusi untuk tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar di tengah penyebaran virus Covid-19 yang semakin meluas. Pembelajaran daring ini dianggap sangat efektif untuk menghambat penyebaran virus Covid-19 dan memberikan dampak positif yaitu pengalaman dan pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran daring dan minat belajar dengan tingkat pemahaman materi perkuliahan pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif survei. Populasi yang digunakan ialah mahasiswa semester 4,6, dan 8 dengan jumlah sampel sebanyak 74 mahasiswa. Teknik sampling berupa simple random sampling. Alat ukur yang digunakan berupa lembar kuisioner dengan teknik analisis data yang disajikan dalam bentuk persentase, sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (66%) menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19 cukup efektif dalam membantu proses belajar selama masa pandemic Covid-19. Selain itu, sebagian besar (86%) menunjukkan minat belajar cukup baik dan sebagian besar (66%) menunjukkan tingkat pemahaman materi yang cukup pada masa pandemic Covid-19. Hasil analisis menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran daring dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman materi yang ditunjukkan pada nilai signifikasi sebesar 0.000. Sedangkan tingkat keeratan hubungan antara model pembelajaran daring, minat belajar, dan tingkat pemahaman materi menunjukkan derajat hubungan yang berkorelasi sedang dengan nilai R sebesar 0,505. Kata Kunci: Pembelajaran daring, minat belajar, tingkat pemahaman materi 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Lamongan