Abstract :
ABSTRAK
Ristianingsih, Dania. 2021. Hubungan Metode Pembelajaran Daring dan Minat
Belajar Dengan Tingkat Pemahaman Materi Perkuliahan pada Mahasiswa
di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Skripsi Program Studi S1
Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1)
Arifal Aris, S.Kep., Ns., M.Kes, (2) Abdul Majid, SE., MM.
Pembelajaran daring menjadi solusi untuk tetap menjalankan kegiatan belajar
mengajar di tengah penyebaran virus Covid-19 yang semakin meluas.
Pembelajaran daring ini dianggap sangat efektif untuk menghambat penyebaran
virus Covid-19 dan memberikan dampak positif yaitu pengalaman dan
pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
metode pembelajaran daring dan minat belajar dengan tingkat pemahaman materi
perkuliahan pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Desain
penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif survei. Populasi yang digunakan
ialah mahasiswa semester 4,6, dan 8 dengan jumlah sampel sebanyak 74
mahasiswa. Teknik sampling berupa simple random sampling. Alat ukur yang
digunakan berupa lembar kuisioner dengan teknik analisis data yang disajikan
dalam bentuk persentase, sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik analisis
korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (66%)
menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran daring pada masa
pandemic Covid-19 cukup efektif dalam membantu proses belajar selama masa
pandemic Covid-19. Selain itu, sebagian besar (86%) menunjukkan minat belajar
cukup baik dan sebagian besar (66%) menunjukkan tingkat pemahaman materi yang cukup pada masa pandemic Covid-19. Hasil analisis menyimpulkan bahwa
terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran daring dan minat
belajar terhadap tingkat pemahaman materi yang ditunjukkan pada nilai
signifikasi sebesar 0.000. Sedangkan tingkat keeratan hubungan antara model
pembelajaran daring, minat belajar, dan tingkat pemahaman materi menunjukkan
derajat hubungan yang berkorelasi sedang dengan nilai R sebesar 0,505.
Kata Kunci: Pembelajaran daring, minat belajar, tingkat pemahaman materi