Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
MAHARANI/ 29116144, ELFRIDA (STUDENT ID : )
Subject
Datestamp
0000-00-00 00:00:00
Abstract :
Keberadaan internet memberikan banyak keuntungan untuk bisnis. Internet dimanfaatkan di bidang bisnis
mulai dari penjualan daring, pemesanan daring dan promosi melalui media sosial. Printerous merupakan
salah satu perusahaan percetakan daring yang juga memanfaatkan internet untuk penjualan. Printerous
telah menggunakan beberapa media sosial untuk mempromosikan perusahaan mereka. Penelitian ini
difokuskan pada akun Instagram Printerous karena alat media sosial lain yang dimiliki oleh Printerous
tidak diperbaharui secara rutin. Meskipun Instagram Printerous dibuat pada tahun 2012, tingkat
keterlibatan pelanggan terkini mereka adalah 0,19 yang berada di bawah nilai rata-rata industri.
Hal yang pertama kali dilakukan untuk meningkatkan tingkat keterlibatan pelanggan adalah melakukan
beberapa analisa, yaitu analisa segmen target menggunakan analisa STP, analisa pesaing dan analisa
Instagram. Ketiga analisa tersebut dapat membantu menentukan akar permasalahan dari nilai tingkat
keterlibatan yang rendah. Berdasarkan analisa Instagram melalui jalur media sosial, kita mendapati 40%
konten yang sukses dan 60% konten yang gagal. Melalui analisis pesaing, kita dapat mengetahui konten
mana yang sukses dilakukan oleh pesaing dan kekuatan posisi pesaing dibandingkan dengan Printerous.
SWOT analisis digunakan untuk mengetahui hubungan dari alat-alat analisa yang sebelumnya digunakan.
Berdasarkan analisa akar permasalahan, Printerous tidak memiliki prosedur operasi standar yang dapat
mengatur kegiatan pengelola Instagram dan adanya konten-konten yang tidak sukses.
Langkah pertama untuk menentukan usulan standar operasi prosedur instagram untuk Printerous adalah
menganalisis studi kasus untuk mendapatkan masukan tentang SOP. Sedangkan,untuk mengusulkan
strategi Instagram, peneliti perlu merefleksikan kinerja Instagram sebelumnya. Dari hasil pengukuran
kinerja Instagram, dapat diketahui strategi mana yang paling efektif dan strategi mana yang perlu
ditingkatkan. Untuk mengusulkan konten yang baru, kita dapat menggunakan Triangle of Relevance.