Abstract :
Penelitian ini membahas mengenai keterampilan berpikir siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips pada kelas IV
Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
terhadap keterampilan berpikir siswa, keaktifan belajar siswa, dan respon siswa
pada pembelajaran tematik dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif
tipe Talking Chips pada kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan
desain control group pre-test and post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IV Sekolah Dasar dengan tiga tahap yaitu pemberian tes pretes, posttest, dan
angket respon siswa dengan subjek berjumlah 8 siswa dari kelas eksperimen
maupun kelas kontrol dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan
penelitian di era pandemic Covid-19. Teknik dan pengumpulan data menggunakan
observasi, tes tertulis yang terdiri dari pre-test dan post-test, serta angket. Teknik
analisis data berupa analisis data observasi siswa pada kelas eksperimen yang
diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan yaitu 85,41% yang termasuk dalam
kategori sangat aktif, sedangkan hasil rata-rata pada kelas kontrol secara
keseluruhan yaitu 57,29 yang tergolong cukup aktif. Data hasil tes siswa dianalisis
dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan ï¡ = 0,05 sehingga hasil
yang diperoleh nilai thitung sebesar 37,079 sehingga thitung (37,079)  ttabel (3,182)
maka H1 ditolak dan H0 diterima. Selain itu didukung dari nilai Sig. (2-tailed)
sebesar 0,000  0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima. Sedangkan hasil rata-rata
respon siswa yang diperoleh secara keseluruhan yaitu 3,57 yang termasuk dalam
kategori sangat positif