Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Picture and
Picture Tematik Integratif Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan pada siswa
kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Kebaron Tulangan dengan
subjek penelitian siswa kelas I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan menggunakan metode eksperimen dengan model one group pretest
posttest design. Pengambilan data ini dilakukan pada bulan April 2020. Penelitian
ini dilakukan di SDN Kebaron Tulangan dengan subjek penelitian siswa kelas I.
pembelajaran menggunakan media Picture and Picture Tematik Integratif
Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan. Data dikumpulkan dengan cara
obsevasi langsung di kelas, tes kemampuan awal (Pretest), hasil kemampuan
akhir (Postest). Dari pengolahan data diperoleh nilai nilai rata-rata tes awal
(pretest) = 59,50 dengan standar deviasi = 9,987 sedangkan untuk nilai tes akhir
(posttest) = 84,00 dengan standar deviasi = 16,026. Ada perbedaan nilai rata-rata
hasil tes sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan media
Picture And Picture Tematik Integratif terhadap hasil tes menulis permulaan pada
siswa kelas satu Sekolah Dasar meningkat sebesar 24,50. Dapat disimpulkan ada
pengaruh positif media Picture And Picture Tematik Integratif terhadap
kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas satu SDN Kebaron.