Abstract :
Kemampuan representasi matematika merupakan keterampilan yang sangat
diperlukan seseorang sebagai upaya mencari solusi dari masalah yang sedang
dihadapinya, namun setiap orang mempunyai cara mengkomunikasikan ide
matematika berbeda-beda karena setiap orang mempunyai gaya belajar yang
beragam. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis representasi
matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOT ditinjau dari gaya belajar
visual, audio, read/write, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian
berjumlah delapan siswa kelas XI-MM1 SMA PGRI 2 Sidoarjo yang setiap gaya
belajar diwakili sebanyak dua subjek. Data yang diperoleh pada penelitian ini
yaitu data hasil gaya belajar, data hasil tes representasi matematika, dan data hasil
wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan mendeskripsikan representasi
matematika yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal HOT. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa setiap gaya belajar mempunyai kemampuan
representasi matematika yang berbeda-beda dalam menyelesaikan soal HOT.
Siswa dengan gaya belajar visual memenuhi semua indikator representasi
matematik dalam menyelesaikan soal HOT. Subjek bergaya belajar audio dan
kinestetik, keduanya memenuhi dua indikator representasi matematis dalam
menyelesaikan soal HOT, yaitu representasi verbal dan ekspresi matematika.
Siswa dengan gaya belajar read/write hanya satu subjek mampu memenuhi
komponen representasi visual, representasi verbal dan representasi ekspresi
matematika sedangkan satu subjek lainnya belum mampu memenuhi komponen
representasi visual.