Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Sejarah
Melalui WhatsApp Group Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Sidoarjo. Penelitian
ini dilakukan di SMK PGRI 2 Sidoaro pada bulan Agustus 2020. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yakni
penelitian yang bermaksud untuk memahami mengenai perencanaan, pelaksanaan,
dan kendala dalam pembelajaran Sejarah Melalui WhatsApp Group di SMK PGRI
2 Sidoarjo.
Hasil dari Penelitiannya Dalam Perencanaan pembelajaran selalu
menyiapkan perangkat yang mendukung yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP). Menyiapkan materi yang akan disajikan, Proses pembelajarannya dibagi
menjadi tiga bagian, yaitu kegiatan awal, inti, dan akhir. Kegiatan Awal : dalam
kegiatan awal pelajaran dengan mengucap salam dan siswa menjawab salam dari
guru, Kegiatan inti: menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran, serta mengirim
file PPT pada Grup yang sudah ditentukan dan yang terakhir memberikan tugas.
Dan hasil evaluasi dari pembelajaran dengan menggunakan media ini sudah cukup
sesuai dengan harapannya. Meskipun sudah dirancang sedemikian rupa sehingga
diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Namun, kenyataannya
masih ada kendala yang terjadi. Kendala-kendala yang terjadi adalah : Jaringan atau
koneksi internet.