Abstract :
Destination branding Bawean sebagai pulau wisata merupakan strategi yang dilakukan
untuk mengubah persepsi dan cara pandang seseorang terhadap suatu tempat atau tujuan
termasuk melihat perbedaan sebuah tempat satu dengan tempat lainnya yang akan dipilih sebagai
tujuan wisata. Berkembangnya pariwisata di Indonesia, mendorong pemerintah untuk setiap
daerah turut serta dalam mengembangkan potensi pariwisata daerahnya.
Penelitian ini membahas tentang strategi destination branding Bawean sebagai pulau
wisata. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik
observasi dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah Bauran
Pemasaran ( 7 P), analisis SWOT dan tahapan Destination Branding untuk menganalisis data
yang telah diperoleh.
Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa destinasi wisata Pulau Bawean
merupakan wisata bahari dengan keindahan biota bawah laut yang masih alamiah dan memiliki
pertumbuhan yang cepat. Daya tarik wisata yang bervariasi, dapat menjadikan Pulau Bawean
sebagai destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Dalam mengembangkan destinasi wisata Pulau
Bawean, pihak pemerintah bersinergi dengan pihak swasta dan masyarakat untuk memantau dan
mengevaluasi setiap kegiatan dan program - program yang dilaksanakan terkait dengan wisata
Pulau Bawean.
Kata Kunci : Destination Branding , Pulau Bawean, Wisata