DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI KELAS VIII MTS BILINGUAL SABILIL KHOIR
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Rahayu, Rufik Esti
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-06-27 14:54:25 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menelaah secara mendalam adakah pengaruh positif model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa MTs. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Bilingual Sabilil Khoir yaitu siswanya sebanyak 27 siswa. Instrumen penelitian ini berupa observasi aktivitas guru sebanyak 16 indikator, observasi aktivitas siswa sebanyak 9 indikator dan tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 4 butir soal uraian. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, kemampuan komunikasi matematis siswa MTs dipengaruhi positif oleh model pembelajaran Learning Cycle 7E sebesar 42,5%, sedangkan 57,5% dipengaruhi oleh faktor lain selain model pembelajaran Learning Cycle 7E. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo