Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DYAH PUSPITA NINGRUM (STUDENT ID : 17030654046)
(LECTURER ID : 0004097710)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2022-12-23 14:47:24
Abstract :
Penelitianini bertujuan mendeskripsikan pencapaianpeserta didik dari kelas VIII A SMP Negeri 1 Kraksaan dalam peningkatan keterampilan proses sainspada materi Hukum Archimedes denganmengaplikasikan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKPD berbasis scaffolding.Penelitian ini menggunakan desain OneGroup Pre-test-Post-test oleh 30 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Instrumen dalam pengumpulan databerupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, soal pre-test dan post-testketerampilan proses sains, serta angket atau kuesioner respons siswa. Hasil analisis data menunjukkan (1) Keterlaksanaan pembelajaran seluruhnyaterlaksana dengan kategori sangat baik. (2) Keterampilan proses sains siswa diketahui meningkat dari diperolehnya N-gain score rata-rata 0,69 yang berkategorisedang. (3) Respons siswa sebesar 92,31% memberikan respons positif, berkategori sangat baik. Hal tersebut membuktikan yakni penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKPD berbasis scaffolding dapat melatih keterampilanproses sains siswa pada materi Hukum Archimedes.