DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN LKPD BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI HUKUM ARCHIMEDES
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
DYAH PUSPITA NINGRUM (STUDENT ID : 17030654046)
(LECTURER ID : 0004097710)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:47:24 
Abstract :
Penelitianini bertujuan mendeskripsikan pencapaianpeserta didik dari kelas VIII A SMP Negeri 1 Kraksaan dalam peningkatan keterampilan proses sainspada materi Hukum Archimedes denganmengaplikasikan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKPD berbasis scaffolding.Penelitian ini menggunakan desain OneGroup Pre-test-Post-test oleh 30 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Instrumen dalam pengumpulan databerupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, soal pre-test dan post-testketerampilan proses sains, serta angket atau kuesioner respons siswa. Hasil analisis data menunjukkan (1) Keterlaksanaan pembelajaran seluruhnyaterlaksana dengan kategori sangat baik. (2) Keterampilan proses sains siswa diketahui meningkat dari diperolehnya N-gain score rata-rata 0,69 yang berkategorisedang. (3) Respons siswa sebesar 92,31% memberikan respons positif, berkategori sangat baik. Hal tersebut membuktikan yakni penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKPD berbasis scaffolding dapat melatih keterampilanproses sains siswa pada materi Hukum Archimedes. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya