DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN e-LKPD BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIAKELAS XI SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
Dyah Dwi Lestari (STUDENT ID : 17030194083)
(LECTURER ID : 0015097203)
Subject
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
Datestamp
2022-12-23 14:45:11 
Abstract :
Tujuan riset pengembangan ini yaitu melatihkankemampuan berpikir kritis murid pada materi termokimia dengan mengembangkanperangkat pembelajaran berupa e-LKPD berorientasi Contextual Teaching andLearning yang dilihat dari kesesuaian dari pendekatan CTL, kelayakan isi,penyajian, dan bahasa, responden murid kepada e-LKPD dan hasil peningkatan kemampuanberpikir kritis murid pada 15 murid kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Krian Sidorajo.Metode riset pada pengembangan ini yaitu metode 4-D menurut Thiagarajan. Hasilyang didapatkan pada penelitian ini meliputi: 1) Kelayakan LKPD denganpersentase hasil validasi kriteria kesesuaian dengan pendekatan CTL 78,89%, isi81,39%, penyajian 83,33%, dan bahasa 81,25% dengan kategori sangat layak. 2)Kepraktisan LKPD dengan persentase hasil respon siswa berdasarkan kriteria isi88,09%, penyajian 84,44%, bahasa 86,66% dengan kategori sangat layak, dan 3)Keefektifan LKPD dengan n-gain score pada hasil tes keterampilan berpikirkritis berkisar antara 0,44-1,00 dengan kriteria sedang-tinggi serta ketuntasanklasikal 66,67% sehingga e-LKPD dapat dinyatakan layak. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya