DETAIL DOCUMENT
Bagaimana Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Metakognitif dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Indeks Harga dan Inflasi?
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Surabaya
Author
ROYHATUL JANNAH (STUDENT ID : 16080554043)
(LECTURER ID : 0012066704)
Subject
Ekonomi 
Datestamp
2022-12-23 14:43:00 
Abstract :
Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasilbelajar peserta didik. Penelitian ini adalahResearch and Development(R&D)menggunakan model 4D olehThiagarajan yang mencakup tahapDefine,Design, Develop,danDisseminate, namun tahapDisseminatetidakdilakukan.Hasil penelitianmenunjukkanbahwa kelayakan materi, bahasa, evaluasi, dan grafik87%, 85%, 85%, 87% dengan kategori sangat layak.Rata-rata N-gain score mendapat skor 0,6 dikategorikan sedang danketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik sebesar 90%. Sedangkan hasilrespon peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 90,4%dikategorikan sangat layak. Peningkatan hasil belajar bisa diperoleh denganmenggunakan LKPD MMPII yang memuat fitur-fitur metakognitif yakni planning, monitoring, dan evaluating.Penelitianini menggunakan uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta didik kelas XIIPS MA Kanjeng Sepuh. 

Institution Info

Universitas Negeri Surabaya