Abstract :
ABSTRAK
STUDI PERBANDINGAN LIFE SKILLS (KECAKAPAN HIDUP) SISWA
DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP
DAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP RESUME DENGAN
MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI PADA MATA PELAJARAN IPS
TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 CANDIPURO, LAMPUNG
SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Oleh
Arrum Maishah Saba Putri
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya life skills siswa mata pelajaran IPS Terpadu
kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Candipuro, Lampung Selatan. Penelitian ini
bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara model pembelajaran Co-op
Co-op dan model pembelajaran Group Resume dalam meningkatkan life skills siswa serta
untuk mengetahui pengaruh konsep diri yang dimiliki siswa terhadap pembentukan karakter
sikap life skills di dalam pembelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Teknik
sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis
menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Ada perbedaan life skills siswa yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op dengan siswa yang
menggunakan model pembelajaran Group Resume pada mata pelajaran IPS Terpadu. (2) Ada
perbedaan life skills siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Co-op
Co-op lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya mengggunakan model
pembelajaran Group Resume bagi siswa yang memiliki konsep diri tinggi pada mata
pelajaran IPS Terpadu. (3) Ada perbedaan life skills siswa yang pembelajarannya
menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op lebih rendah dibandingkan dengan siswa
yang pembelajarannya mengggunakan model pembelajaran Group Resume bagi siswa yang
memiliki konsep diri rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu. (4) Ada perbedaan interaksi
antara model pembelajaran dengan konsep diri terhadap life skills.
kata kunci: co-op co-op, group resume, life skills, model pembelajaran, konsep diri