DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PEMECAHAN MASALAH KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA
Total View This Week8
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Citra Simarmata (STUDENT ID : 408131036)
Germanicus Sinaga (LECTURER ID : 195303181983031002)
Subject
QD Chemistry 
Datestamp
2016-08-15 08:58:40 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan lebih besar daripada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian The pretest-postest Control Group Design. Populasi adalah kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 5 kelas tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sejumlah 76 siswa terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XI IPA 

Institution Info

Universitas Negeri Medan