DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI SMP NEGERI 5 BINJAI T.P. 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Rosdiana (STUDENT ID : 8124410029)
Puji Prastowo (LECTURER ID : 1971609132005011002)
Subject
QH301 Biology 
Datestamp
2016-11-15 04:00:00 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi pokok Ekosistem di SMP Negeri 5 Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2012. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dimana kelompok siswa mendapat perlakuan sebelum diukur hasil belajarnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Binjai yang berjumlah 125 orang. Sampel berjumlah 61 orang yang terdiri dari dua kelas, kelas pertama mendapat perlakuan dengan diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match sedangkan kelas kedua diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada materi pokok Ekosistem di SMP Negeri 5 Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012 adalah 84,03 dengan setandart deviasi 12,00. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi pokok Ekosistem di SMP Negeri 5 Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012 adalah 62,67 dengan standart deviasi 11,76. Analisis statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi pokok Ekosistem di SMP Negeri 5 Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012 pada taraf signifikan 5% (α = 0,05). 
Institution Info

Universitas Negeri Medan