Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi pokok Ekosistem di SMP Negeri 5 Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2012. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dimana kelompok siswa mendapat perlakuan sebelum diukur hasil belajarnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Binjai yang berjumlah 125 orang. Sampel berjumlah 61 orang yang terdiri dari dua kelas, kelas pertama mendapat perlakuan dengan diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match sedangkan kelas kedua diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada materi pokok Ekosistem di SMP Negeri 5 Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012 adalah 84,03 dengan setandart deviasi 12,00. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi pokok Ekosistem di SMP Negeri 5 Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012 adalah 62,67 dengan standart deviasi 11,76. Analisis statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi pokok Ekosistem di SMP Negeri 5 Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012 pada taraf signifikan 5% (α = 0,05).