DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DAN GRAVITASI DI KELAS XI IPA SEMESTER I SMA NEGERI 1 KISARAN T.P. 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Destriana Pohan (STUDENT ID : 409321016)
Pintor Simamora (LECTURER ID : 1961104021987031002)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2016-08-31 05:30:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum-hukum newton tentang gerak dan gravitasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kisaran TP. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA Semester I SMA Negeri 1 Kisaran yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Yang masing-masing berjumlah 40 orang. Uji pra syarat tes yaitu harus memiliki daya beda, reliabel, tingkat kesukaran soal dan valid. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 49 dengan standar deviasi 9,21 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 46 dengan standar deviasi 8,78. Sehingga Lhitung ttabel (3,94 > 1,994) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum-hukum Newton Tentang Gerak dan Gravitasi di kelas XI IPA semester Ganjil SMA Negeri 1 Kisaran TP. 2013 / 2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan