Abstract :
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model Problem Based Learning
dengan media komputer untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa
SMA Kelas XI IPA pada pokok bahasan hidrolisis garam. Peneltian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk pretest-posstest control group
design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA SMA Negeri 1
Simanindo T.A 2015/206 dengan jumlah 116 siswa. Sampel diambil dengan
teknik modifikasi cluster random sampling yaitu 29 siswa kelas XI IPA 1 sebagai
kelas kontrol dan 27 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes (hasil belajar) dan non-tes (observasi
karakter kreativitas siswa) yang telah distandarisasi. Kelas eksperimen
dibelajarkan mengunakan model Problem Based Learning dengan media
komputer sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran
langsung. Teknik analisis data menggunakan uji statistik-t pada taraf signifikan
(? ? 0,05) dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar kimia yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan
media komputer lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan
model Problem Based Learning dengan media komputer lebih tinggi daripada kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung; Adanya korelasi antara kreativitas siswa dengan hasil belajar kimia siswa sebesar
0,449.