Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa, mengetahui ketuntasan belajar siswa dan respon Siswa melalui pendekatan
matematika realistik pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va MIN Sei Agul
Medan yang berjumlah 42 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya
meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan matematika realistik. Data
yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar berbentuk uraian
sebanyak dua kali.
Hasil analisis tes hasil belajar setelah diberikan Tindakan pada siklus I
yaitu melalui pendekatan matematika realistik, terdapat 28 orang (66,67 %) telah
mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 67,74 tetapi belum mencukupi
syarat ketuntasan klasikal.(85%), maka dilanjutkan pada siklus II dan Hasil
analisis tes hasil belajar setelah diberikan Tindakan pada siklus II yaitu terdapat
38 orang (90,47 %) telah mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 70,12
dan telah tuntas secara klasikal.(85%) maka pembelajaran telah tuntas dan
penelitian di berhentikan. Dari tindakan yang diberikan diperoleh peningkatan
nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 2,38.
Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
melalui pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar maka
kepada guru perlu memikirkan aplikasi pendekatan matematika realistik dalam
pembelajaran matematika.