DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Kristina Simarmta (STUDENT ID : 409631011)
Rahmat Nauli (LECTURER ID : 196606071991031002)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-12 08:36:26 
Abstract :
Pengaruh model pembelajarnkooperatifdan media petakonsepdalampengajrankimiaHidrokarbon di sekolahmenengahatas( SMA) di jelaskandalamskripsiini. Penelitiandilakukanterhadapsiswakelas X SMA Methodist LubukPakamdenganmelakukanpengajarnmenggunakan model kooperatiftipe STAD dan media petakonseppadakelaseksperimendanceramahpadakelaskontol.Pengaruh model pembelajarnkooperatiftipe STAD dan media petakonsepdalammeningkatkanmateriHidrokarbondiketahuidarikemampuansiswamengerjakansoalkimiasebelumdansesudah proses belajarmengajar. Hasilpenelitianmenunjukakanbahwapengajarandenganmenggunakan model pembelajarnkooperatiftipe STAD dan media petakonsepdapatmeningkatkanpengusaansiswaterhadapmateriHidrokarbonkarenadapatmemotivasisiswabelajarsistematis . Hal inidapatdilihatdariperbedaan rata-rata postestuntukkelaseksperimenadalah 86 dannilai rata-rata postestkelaseksperimen II adalah 77. Dengandemikianadapengaruh media petakonsepdalampembelajarankooperatiftipe STAD terhadaphasilbelajarkimiasiswapadapokokbahasanhidrokarbondandapatjugadilihatberdasarkanhasilujihipotesisyaituthitung>ttabel (5,39>2,014).Denganmelihatkeberhasilanpengajaranmenggunakan model pembelajarnkooperatiftipe STAD dan media petakonsepdalampengajaranHidrokarbon, makaperludipikirkanuntukdiaplikasikandalampengajaranmaterikimia lain atauuntukpelajaranbidangstudi lain. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan