Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Riyani, Bina
Isnaeni, Yuli
Subject
L Education (General)
Datestamp
2018-01-02 04:50:58
Abstract :
Latar Belakang: Menarche merupakan menstruasi pertama yang biasa terjadi dalam rentang usia 10-16 tahun. Menarche pada remaja putri dapat menimbulkan kecemasan, ini disebabkan oleh kesiapan mental, kurang memiliki pengetahuan dan sikap yang cukup baik tentang perubahan-perubahan fisik dan psikologis terkait menarche, dan kurangnya pengetahuan tentang perawatan diri yang diperlukan saat menstruasi.
Tujuan: Diketahuinya Pengaruh Pendidikan Kesehatan oleh (Peer Group) terhadap kesiapan menghadapi menarche siswi kelas V di SD Muhammadiyah
Pringgokusuman Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011.
Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra
Eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-posttest Design. Populasi adalah siswa-siswi SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta, total sampel sebanyak 11 responden. Uji statistik menggunakan Uji paired t-test.
Hasil: Terdapat perbedaan kesiapan menghadapi menarche sebelum diberikan
pendidikan kesehatan tentang menstruasi dan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang menstruasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa thitung= 4,183, dengan nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,002.
Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan oleh (Peer Group) terhadap
kesiapan menghadapi menarche siswi kelas V di SD Muhammadiyah
Pringgokusuman Yogyakarta.
Saran: Saran bagi siswi SD kelas V di SD Muhammadiyah Yohyakarta agar dapat menggunakan metode Peer Group sebagai cara alternatif untuk meningkatkan kesiapan menghadapi menarche.
Kata Kunci : Pendidikan kesehatan, Kelompok Sebaya , Menarche
Kepustakaan : 30 buku, 3 jurnal, 1 Skripsi
Jumlah halaman : 68 halaman, 5 tabel, 4 gambar, 17 lampiran