Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Ambarningrum, Dewi
Khusnal, Ery
Subject
NC Drawing Design Illustration
Datestamp
2017-12-26 03:43:42
Abstract :
Latar Belakang
: Warna dan gambar merupakan daya tarik perhatian anak
. Metode
bermain dengan mewarnai,
membuat
anak
lebih memiliki banyak kosa kata, ejaan
yang benar, mengerti suatu benda, kegunaan benda secara cepat, dapat
mengkombinasikan kata dengan baik, mempermudah penyesuaian diri dengan
lingkungan, serta dapat membantu anak dalam berkomunikasi dengan orang tuanya
,
teman sebaya ataupun orang lain
.
Tujuan
: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
efektivitas metode bermain
dengan mewarnai terhadap perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah
di
kabupaten Bantul
.
Metode:
Desain penelitian yang digunakan
desain
penelitian eksperimen
(control
group pretest
-postest design).
Variabel bebasnya m
etode bermain dengan mewarnai
,
variabel terikat
nya p
erkembangan bahasa.
Teknik pengambilan sampel dengan
teknik
total sampling
, dengan sampel berjumlah 32 siswa TK Al
-wafa dan
29 siswa
TK Pertiwi. U
ji statistik
dengan
uji
Mann
-Withney U.
Hasil
: Hasil
penelitian
diperoleh
hasil bahwa m
ayoritas
pretest
perkembangan
bahasa pada anak usia prasekolah
dalam kategori
suspek
sebesar 8
1,3%
serta
mayoritas
postest
perkembangan bahasa
pada anak usia prasekolah
dalam kategori
normal
sebesar
59,4%
pada TK Al
-Wafa.
Kesimpulan dan Saran
: Metode bermain dengan mewarnai efektif terhadap
perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah
di Kabupaten Bantul
, dibuktikan
dengan hasil uji
Mann
-With
ney U
sebesar
3,138 dan nilai signifikansi 0,002
, hal ini
menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05
. Saran bagi
pihak sekolah taman
kanak
-kanak agar memiliki metode yang efektif dalam melakukan pembelajaran
untuk meningkatkan kemampuan anak
dalam berbahasa
.