Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Susandi, Mar Atun Khasanah
Ruhyana, Ruhyana
Subject
B Philosophy (General)
Datestamp
2018-01-02 04:41:40
Abstract :
INTISARI
Mar Atun Khasanah Susandi,2 Ruhyana.3
Latar belakang : Salah satu metode pembelajaran yang diselenggarakan pada
program Bidan Pendidik STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta adalah tutorial yang
menuntut mahasiswa mampu berbicara di depan banyak orang. Namun dalam
prakteknya, banyak aspek yang menjadi kendala bagi mahasiswa antara lain
kepercayaan diri, manajemen waktu, dan motivasi belajar.
Tujuan : untuk mengetahui hubungan antara faktor; kepercayaan diri, manajemen
waktu, motivasi belajar dengan keberhasilan pembelajaran tutorial pada
mahasiswa semester II diploma IV bidan pendidik kelas regular STIKES
?Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014
Metode : Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan pendekatan waktu
cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 33 mahasiswa, menggunakan
proportionate random sampling. Analisis data menggunakan korelasi Spearman
Rank.
Hasil : Menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara faktor; kepercayaan diri,
manajemen waktu, dan motivasi belajar dengan keberhasilan pembelajaran
tutorial yang dibuktikan nilai probabilitas Spearman rank hitung kepercayaan diri
sebasar 0,003< 0,05 (?=5%), manajemen waktu sebesar 0,008 < 0,05(?=5%),dan
motivasi belajar sebesar 0,007 < 0,05 (?=5%).
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara faktor; kepercayaan diri, manajemen
waktu, dan motivasi belajar dengan keberhasilan pembelajran tutorial.
Saran : Diharapkan mahasiswa dapat selalu mempertahankan kepercayaan diri,
manajemen waktu, dan motivasi belajar dalam pembelajaran tutorial sehingga
dapat menjadi bekal sampai mahasiswa bekerja
Kata Kunci : Tutorial, Diploma IV Bidan Pendidik, Mahasiswa
Kepustakaan : 44 Buku (2003-2013), 6 Jurnal (2006-2010), 7 Website
Jumlah Halaman : xv, 83 Halaman, tabel 1-14, gambar 1-4