Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Munasyaroh, Khusnawati
Mamnu’ah, Mamnu’ah
Subject
BF Psychology
Datestamp
2017-12-29 03:32:24
Abstract :
Latar belakang : Harga diri pada mahasiswa berperan dalam proses peningkatan
kepercayaan diri, keaktifan di lingkungan kelas, perasaan tanggung jawab dan
prestasi akademik. Salah satu aspek yang berperan dalam tanggung jawab, keaktifan
dikelas dan prestasi akademik adalah pembelajaran tutorial.
Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh
pembelajaran tutorial terhadap peningkatan harga diri mahasiswa semester 1 ilmu
keperawatan STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta.
Metode penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
rancangan one-group pretest-postest desain. Sampel dalam penelitian ini adalah
mahasiswa perempuan semester 1 Ilmu Keperawatan STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta
sebanyak 30 responden. Analisa data menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test.
Hasil : Harga diri sebelum pembelajaran tutorial paling tinggi merupakan kategori
sedang yaitu 25 mahasiswa (83,3%) dan setelah pembelajaran tutorial paling tinggi
merupakan kategori tinggi yaitu 15 orang (50%). Hasil Uji Wilcoxon didapatkan nilai
Z = -4,222 dengan p = 0,000.
Kesimpulan : Ada pengaruh pembelajaran tutorial terhadap peningkatan harga diri
mahasiswa semester 1 ilmu keperawatan STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta.
Saran : Bagi tenaga pengajar agar memberikan penekanan tentang kesuksesan
secara terstruktur, memberikan reinforcement dan umpan balik melalui pembelajaran
tutorial kepada mahasiswa untuk meningkatkan harga diri mahasiswa.