Abstract :
Mencapai tingkat kepuasan konsumen tertinggi adalah tujuan utama
pemasaran suatu merek. Mowen & Minor (2002) menyatakan bahwa kepuasan
konsumen merupakan keseluruhan sikap yang ditunjukkan konsumen atas barang
atau jasa setelah mereka memperoleh dan menggunakannya. Ini merupakan
penilaian evaluatif pasca pemilihan yang disebabkan oleh seleksi pembelian
khusus dan pengalaman menggunakan barang atau jasa tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis bagaimanakah kepuasan konsumen terhadap
penggunaan merek cat serta menganalisis apakah persepsi kualitas, asosiasi merek
(brand association), dan loyalitas merek (brand loyalty) berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen dalam menggunakan produk cat dengan merek tertentu pada
bagian pemeliharaan dan reliabilitas gedung.
Penelitian ini dilaksanakan melalui penyebaran kuisioner yang
pertanyaannya berisi tentang kepuasan konsumen serta persepsi kualitas, asosiasi
merek (brand association), dan loyalitas merek (brand loyalty) sebagai variabel
bebas/independent. Sasaran respondennya adalah para konsumen pada bagian
pemeliharaan dan reliabilitas gedung yang ada di daerah Yogyakarta. Analisis
data dilakukan dengan Analisis One Sample T-test dan Analisis Regresi Linear
Berganda.
Hasil penelitian One Sample T-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata
hitung kepuasan konsumen adalah 3,8758. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen
yang ada pada bagian pemeliharaan dan reliabilitas di beberapa gedung di
Yogyakarta puas setelah menggunakan produk cat dengan merek tertentu. Hasil
analisis regresi linear berganda pada penelitian ini didapatkan persamaan regresi
Y?= 1,023-0,015X1+0,395X2+0,397X3. Persamaan regresi ini menunjukkan bahwa
persepsi kualitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
konsumen sedangkan asosiasi merek (brand association), dan loyalitas merek
(brand loyalty) secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.