Abstract :
Wiwik Rohaning. Peran Teman Sebaya Dalam Membentuk Karakter Siswa
Kelas VB Di SD Negeri Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta Angkatan 2013
Fakultas Agama Islam Universitas Alma Ata.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas
Agama Islam Universitas Alma Ata, 2017.
Penelitian ini di latar belakangi oleh kenakalan siswa yang mencontek
temannya, sedangkan jika tidak di beri contekan mereka akan membully dan
mencubit temannya tersebut. Siswa mengobrol pada saat jam pelajaran dengan
teman sebangkunya. Serta banyak sekali tindakan yang dapat dilakukan anak-anak
seperti mencontek, membolos sekolah dan membulli temannya yang disebabkan
oleh rendahnya moralitas serta tontonan acara TV yang semakin tidak layak untuk
ditayangkan karena sangat berdampak pada keseharian anak.Tujuan Penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana peran teman sebaya dalam membentuk
karakter siswa kelas VB di SD Negeri Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta,
untuk mengetahui karakter yang terbentuk di siswa kelas VB di SD Negeri
Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta. Dan untuk mengetahui faktor
penghambat dan pendukung dalam membentuk karater siswa kelas VB di SD
Negeri Bangujiwo Kasihan Bantul Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik
analisis data dilakukan telaah data, reduksi data, untinitas data, kategorisasi
data,triangulasi data dan analisis frekuensi relatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1)Peran teman sebaya dalam
membentuk karakter siswa kelas VB di SD Negeri Bangunjiwo Kasihan Bantul
Yogyakarta adalah sebagai fasilitator yaitu teman sebaya memberikan informasiinformasi
baru
yang
mampu
mengarahkan
kearah
prilaku
lebih
baik,
memberikan
peluang
berosialisasi
kepada
orang
lain
serta
memberikan
perhatian
jika
mendapat
masalah
atau
musibah.
Sebagai
mediator
yaitu
teman
sebaya
memberikan
nasihat,
membantu
memecahkan
masalah.
Sebagai
motivator
yaitu
teman
sebaya
mampu
memberikan
dukungan serta semangat.2) Karakter yang terbentuk melalui peran
teman sebaya di kelas VB SD Negeri Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta
dari intensitas pergaulan teman sebaya yaitu religious, jujur, tanggung jawab,
demokratis, menghargai prestasi, toleransi, peduli sosial, cinta damai, disiplin dan
komunikatif.3) Faktor pendukung dan pengahmbat dalam membentukkan
karakter siswa di SD Negeri Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta dikaitkan
dengan peran teman sebaya adalah jarak rumah anatar siswa dengan teman
sebaya, kesamaan hoby, serta faktor dari peran orang tua yang saling mengenal.
Sedangkan faktor penghambat yaitu jarak rumah antara siswa dengan teman
sebaya yang jauh, orang tua yang tidak saling menganal dan lingkungan rumah
yang kurang baik untuk memebentuk karakter.
Kata Kunci: Peran Teman Sebaya, Karakter