Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
nasabah BMT Artha Sejahtera, 2) pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan nasabah BMT
Artha Sejahtera, 3) pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama
terhadap kepuasannasabah BMT Artha Sejahtera. Analisis teknik data pengambilan sampel
menggunakan insindental sampling, uji validitas dan reliabilitas digunakan dalam instrumen
penelitian serta pengujian uji-T(Persial), Uji-F (Serentak) dan uji R
(Identifikasi
Determinasi).
Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh variabel kualitas pelayanan (X1) mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah atau karena t. Sig 0,004 lebih kecil
dari = 0,05 maka secara signifikan kualitas pelayanan (X1) berpengaruh positif terhadap
kepuasan nasabah. Variabel kualitas produk (X2) tidak pengaruh yang signifikan terhadap
kepuasn nasabah atau karena t.sig (0,37) lebih besar dari = 0,05 maka secara signifikan
kualitas produk (X2) tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Hasil uji F,nilai
sebesar 9,783 sedangkan nilai sebesar 3,22 ( > ) sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara variabel independen
(kualitas pelayanan dan kualitas produk) terhadap kepuasan nasabah.Hasil R square R
2
=
0,323yang berarti 32,3% dari variasi variabel terikat (dependen) dapat dijelaskan oleh variasi
variabel bebasnya (independen), sedangkan sisanya 67,7% dijelaskan oleh variasi variabel
lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah,
2