Abstract :
Latar Belakang : Fokus utama dalam dunia pendidikan adalah manusia dalam hal ini adalah
peserta didik karena dengan adanya pendidikan peserta didik didorong untuk terlibat dalam
proses mengubah kehidupannya kearah yang lebih baik. Mengembangkan kepercayaan diri,
mengembangkan rasa ingin tahu, serta meningkatkan pengetahuan serta keterampilan yang
telah dimilikinya, sehingga dapat berfungsi untuk peningkatan kualitas hidup pribadi
dimasyarakat. Salah satu yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan
adalah prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa berupa Indeks Prestasi Kumulatif yang
dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.
Tujuan : Untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap terhadap prestasi belajar
mahasiswa Kebidanan angkatan 2008 Stikes Alma Ata Yogyakarta.
Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan rancangan
retrospektif. Sampel diambil dengan tehnik total sampling, penelitian dilakukan pada 80
mahasiswa kebidanan angkatan 2008 dengan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisa
data menggunakan univariat yaitu dengan distribusi frekuensi, bivariat dengan uji t, dan
multivariate dengan uji regrsi berganda.
Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data, terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan antara anatara faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi
belajar mahasiswa kebidanan angkatan 2008 Stikes Alma Ata. Hasil Uji secara parsial faktor
internal diperoleh thitung sebesar 0.514 dengan nilai sig. 0.021< 0,05, dan secara parsial faktor
eksternal thitung 0.504 dengan nilai signifikan 0.030 < 0,05, hal ini berarti hipotesis
diterima.Dari uji F atau simultan diperoleh Fhitung sebesar 17.157 dengan nilai probabilitas
(0,000<0,05) yang berarti signifikan dan menerima hipotesis alternatif. Besarnya kontribusi
sumbangan secara parsial untuk faktor internal adalah 26,41% dan untuk faktor eksternal
sebesar 25,80%. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,308 atau 30,8%, sedangkan sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain.
Kesimpulan : Faktor internal dan eksternal berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa
D III Kebidanan Stikes Alma Ata Yogyakarta angkatan 2008.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Faktor Internal, Faktor Eksternal.
Kepustakaan : 2000-2008
Halaman : 63 halaman