Abstract :
Tujuan penelitian ini antara lain: (1) mengetahui adanya hubungan yang
signifikan antara disiplin kerja guru terhadap kinerja guru di SMK PGRI 1 Gresik.
(2) mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara motivasi guru terhadap
kinerja guru di SMK PGRI 1 Gresik. (3) mengetahui adanya hubungan yang
signifikan antara kompetensi guru terhadap kinerja guru di SMK PGRI 1 Gresik.
(4) hubungan yang signifikan antara disiplin kerja guru, motivasi guru dan
kompetensi guru terhadap kinerja guru di SMK PGRI 1 Gresik.
Penelitian ini menggunakan metode deskriftif korelasional dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu memusatkan perhatian pada
pengumpulan data dalam kondisi dan waktu tertentu dari ke empat variabel yang
diteliti kemudian dikorelasikan guna menjawab masalah yang telah dirumuskan
sesuai hipotesis penelitian. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah guru
yang berjumlah 72 dilakukan dengan cara cluster random sampling. Teknik
analisis data dengan menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas, dan
uji multikolinearitas), pengujian hipotesis, uji ketepatan parameter penduga (uji
t), dan uji simultan model uji F dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini antara lain: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan
antara disiplin kerja guru terhadap kinerja guru di SMK PGRI 1 Gresik, hal ini
dibuktikan dari nilai Rhitung>Rtabel (0,482 >0232) dan uji signifikansi
menggunakan uji t nilai Rhitung>Rtabel (4,599 >1,955). (2) terdapat hubungan
positif dan signifikan antara motivasi guru terhadap kinerja guru di SMK PGRI 1
Gresik, hal ini dibuktikan dari nilai Rhitung>Rtabel (0,466 >0232) dan uji
signifikansi menggunakan uji t nilai > Rhitung>Rtabel (4,405 >1,955). (3) terdapat
hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap kinerja guru di
SMK PGRI 1 Gresik, hal ini dibuktikan dari nilai Rhitung>Rtabel (0,290 >0232)
dan uji signifikansi menggunakan uji t nilai Rhitung>Rtabel (2,539 >1,955). (4)
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin kerja guru, motivasi
guru dan kompetensi guru terhadap kinerja guru di SMK PGRI 1 Gresik, hal ini
dibuktikan dari nilai Rhitung>Rtabel (0,538 > 0,232) dan uji nilai simultan dengan
nilai uji F Rhitung>Rtabel (9,217>2,74). Kemudian ditunjukkan dengan nilai
koefisien determinsai = sebesar 28,9%