Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari promosi
penjualan dan periklanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada DNI
Skincenter Gresik. Penelitian ini sendiri menggunakan metode eksplanatori
dengan pendekatan kuantitatif. Sampling yang diambil sebanyak 110 pelanggan
DNI Skincenter Gresik dari 150 populasi dengan menggunakan rumus slovin.
Pengumpulan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan
metode accidental Sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan
kebetulan. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuisioner (angket).
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen (uji
validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik), analisa regresi linier berganda dan
uji hipotesis dengan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah variable
promosi penjualan dan periklanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian
secara persial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian konsumen pada DNI skincenter Gresik. Dengan kontribusi
Adjuster R Square sebesar 29,6% yakni keputusan pembelian dipengaruhi oleh
promosi penjualan dan periklanan, sedangkan sisanya 70,4% di pengaruhi oleh
faktor- faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.