Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Sediyarto, Eko Heri
Wikaningtyas, Suci Utami
Subject
Manajemen Pemasaran
Datestamp
2022-11-25 02:47:32
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan transportasi ojek online. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan transportasi ojek online (Go-Jek) di daerah Danurejan kota Yogyakarta yang pernah menggunakan jasa transportasi ojek online (Go-Jek). Peneliti menggunakan 100 responden sebagai sampel dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui bahwa harga (X1) mempunyai penggaruh signifikan terhadap (Y) dengan didukung nilai t hitung (2,989) lebih besar dari t tabel1.66071 maka secara individual harga (X1) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan (Y). Promosi (X2) mempunyai penggaruh signifikan terhadap (Y) dengan didukung nilai t hitung (2,850) lebih besar dari t tabel 1.66071 maka secara individual promosi (X2) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan (Y). Kualitas Pelayanan (X3) mempunyai penggaruh signifikan terhadap (Y) dengan didukung nilai t hitung (3,664) lebih besar dari t tabel 1.66071 maka secara individual pelayanan (X2) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan (Y). Hasil uji f diketahui nilai t hitung sebesar(28.544) lebih besar daripada t tabel 2,70 maka dapat disimpulkan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil koefisien determinasi menunjukan besar pengaruh variabel independen terhadap dependen sebesar 0,455 atau 45,5 % dan 54,5% di pengaruhi variabel lain diluar variabel ini.
Kata kunci: Harga, promosi, pelayanan dan kepuasan pelanggan.