Abstract :
Pada saat ini gim mengalami perkembangan yang sangat pesat, mulai dari
penambahan jumlah pengguna hingga penambahan genre baru pada gim
memperlihatkan minat yang tinggi. Mobile game merupakan salah satu jenis gim
yang berkembang pada saat ini dikarenakan jumlah perangkat mobile yang semakin
banyak digunakan. Pada perkembanganya, gim dituntut untuk memberikan
kesenangan dan tantangan yang memberikan sensasi tersendiri bagi penggunanya.
Non Playable Character atau NPC yang merupakan salah satu komponen
pelengkap pada gim yang sangat penting.
Salah satu gim genre yang popular hingga sekarang adalah genre balap
(racing). Faktor-faktor yang menunjang kepopuleran genre ini diantaranya yaitu
kecepatan melaju yang memberikan pengalaman mengasyikkan, variasi lintasan
yang menarik, dan juga berbagai tantangan baru
Pada saat ini terdapat banyak jenis AI yang mulai diterapkan pada NPC di
dalam sebuah gim, khususnya dalam gim bergenre racing atau balapan. Hal ini
dikarenakan dalam gim jenis ini, pemain diminta untuk melewati garis finish di
urutan pertama untuk memenangkan jenis gim ini dan NPC merupakan lawan yang
harus dilewati oleh pengguna. Kecerdasan buatan digunakan untuk membantu NPC
dalam mencari mengetahui rute dari suatu track dalam balapan. Dengan
digunakannya AI, diharapkan NPC bisa memberikan sebuah interaksi yang dinamis
saat melakukan balapan. Mini Racing merupakan sebuah gim racing yang
dikembangkan dan mengandung kecerdasan buatan didalamnya. Gim ini
menerapkan algoritma waypoint sebagai kecerdasan buatan terhadap NPC.
Kata kunci: Algoritma Waypoint, Kecerdasan Buatan, NPC, Racing Game,