Abstract :
Baiq Agisni Himayatul Azqiaq. (2018). “Pemberian konseling Logoterapi untuk
meningkatkan pemahaman potensi diri pada siswa kelas X di SMA
ISLAM ULIL AL BAAB tahun pelajaran 2017/2018†Skripsi, Program
Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
(FKIP) Universitas Hamzanwadi. Pembimbing I: Suhartiwi, M.Pd, Kons.
Dan pembimbing II: Dra. Marfu’atun, M.Pd.
Kata kunci: konseling Logoterapi untuk meningkatkan pemahaman potensi
diri
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling Logoterapi
untuk meningkatkaan pemahaman potensi diri pada siswa kelas X di SMA Islam
Ulil Al Baab tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan satu orang
siswa yang memiliki tingkat pemahaman potensi diri yang rendah yang diambil
sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Data yang diperoleh
dari angket kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal
dengan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase baseline dan
menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase intervensi kemudian
dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan
sesudah diberikan perlakuan (konseling Logoterapi). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan sekor rata-rata 60 dan pada
fase intervensi mendapatkan sekor rata-rata 65. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling Logoterapi untuk
meningkatkan pemahaman potensi diri siswa kelas X SMA Islam Ulil Al Baab
tahun pelajaran 2017/2018.