Abstract :
Boni Susmalina (2017) “Pengaruh pendekatan logoterapi dalam
mengatasi siswa berkepribadian Introvert di MA Birrul Walidain NW Rensing
Tahun Pelajaran 2016/2017â€. Skripsi ,jurusanIlmuPendidikan, program
studiBimbingandanKonselingUniversitasHamzanwadi. Dr. Syukri. M, AP.
KonsPembimbing I danHj. Dukha Yunitasari, M. Pd Pembimbing II.
Kata-kata Kunci :Pendekatan Logoterapi dan Introvert
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling logoterapi
dalam mengatasi masalah siswa berkepribadian introvert dikelas X.1 MA Birrul
Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini Eksperimen dengan desain penelitian eksperimen
subjek tunggal (Single Subject Tunggal). Subjek penelitian ini adalah seorang
siswa kelas X.1. Teknik pengumpulan data menggunakan angket siswa
berkepribadian introvert dan analisis dengan menggunakan data kuantitatif
berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan data
kuantitatif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kondisi awal siswa sebelum
diberikan konseling individual yang diperolah menggunakan angket siswa
berkepribadian introvert dengan total skor 68 yang termasuk pada kategori
introvert karena berada pada rentang 60 s/d 78. Berdasarkan karakteristik siswa
yang introvert yaitu: (1) Subjekmerasamateripelajarancepatsaya di
pahamidankuasaiketikaberfikirsendiri. (2) Subjekseringtidakmenyelesaikan PR
disekolahkarenatidaksempatberdiskusidengantemanlaindirumah. (3)
Subjekseringmerasamalubertanyakepada Guru tentangmateripelajaran yang
belumsepenuhnya di pahami. (4)
Subyekbelumterbiasauntukmenyampaikanharapan-harapan, usuldan saran
kepadateman-temandalamkelompokbelajar. (5)
Subyeklebihsenangmenerimatugastugaskhususuntukdiselesaikansendiridaripadatugaskelompok.
(6)
Subyekadaperasaantakutsalahketikaakanbertanyakepada Guru
tentangmateripelajaran yang
dianggapbelumjelas.Padafaseintervensisetelahsiswadiberikan treatment
layanankonseling individual diperoleh total skorsebesar 48 yang
termasukpadakategorisedikitintrovert, karenaberadapadarentang 42 s/d < 60.
Sehinggakesimpulandaripenelitianiniadalahkonseling individual
denganteknikLogoterapiefektifuntukmengatasimasalahsiswa yang Introvert di
kelas X.1 MA Birrul Walidain NW Rensing.