Abstract :
Syamsul Bahri, 13100066. “Pengaruh Efektifitas Kotak Masalah Dalam
Mengatasi Masalah Pribadi Sosial Pada Kelas X Di SMA Negeri 1 Masbagik
Tahun Ajaran 2017/2018â€. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Koneling,
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIVERSITAS
HAMZANWADI 2017. Pembimbing I : Drs. IDP PARTHA, M.Pd dan
pembimbing II : FITRI AULIA, M.Pd.I
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran masalah pribadi
sosial siswa dan untuk melihat efektifitas kotak masalah dalam mengatasi masalah
pribadi sosial siswa. Metode yang peneliti gunakan yaitu kualitatif. Yang menjadi
informan adalah 2 orang siswa dan 2 orang guru yang diwawancarai tentang
efektifitas kotak masalah dalam mengatasi masalah pribadi sosial. Teknik
pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan gambaran masalah pribadi
sosil anatara lain: (1) tekanan teman sebaya, (2) perceraian, (3) kekerasan fisik,
(4) orientasi seksual, (5) tidak dapat mengadakan interaksi dengan teman sebaya,
(6) sulit menyesuaikan diri dengan anggota kelompok. Dan kondisi kotak masalah
disekolah ini antara lain : (1) kotak masalah bukan pilihan siswa, (2) kotak
masalah (kotak aspirasi) ditaruh diruang OSIS, (3) pengelolaan kotak masalah
(kotak aspirasi) adalah OSIS. Diketahui bahwa kotak masalah tidak efektif unutk
mengatasi masalah pribadi sosial pada siswa. Karena kalau siswa-siswi SMA
lebih terbuka dan tidak sungkan untuk menceritakan permasa-lahannya. Selain itu
juga siswa-siswinya sudah memahami peran dan fungsi guru BK disekolah. Dan
dapat disimpulkan bahwa pengaruh efektifitas kotak masalah dalam mengatasi
masalah pribadi sosial tidak efektif.
Kata Kunci : Kotak Masalah, Masalah Pribadi Sosial