Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar
pada siswa melalui konseling behavior kelas XI SMA Birrul Walidain NW
Rensing Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan desain penelitian pree-eksperimental design. Dengan desain
yang dipergunakan adalah sampel pre-test-pos-test. Populasi penelitian ini adalah
213 siswa. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling
dimana sampel adalah siswa kelas XI yang jumlahnya 11 orang. Dengan
menggunakan metode instrument angket bersekala interval yang telah diuji
cobakan dengan hasil uji coba instrument angket yang telah valid dan reliable.
Sedangkan data dianalisis dengan menggunakan statistic t-test untuk uji
hipotesisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling behavior
efektif untuk mengatasi peningkatan motivasi belajar, hal ini dapat dilihat dari
analisis t-test yang menunjukkan nilai dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,056,
sedangkan hasil penelitian ini adalah 3,532 dan 3.532>2,056, ini berarti hasil
penelitian ini signifikan, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa: ada
Peningkatan Motivasi Belajar Pada Siswa Melalui Konseling Behavior Kelas XI
SMA Birrul Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Konseling Behavior, Peningkatan Motivasi Belajar Siswa.