Abstract :
Diana Sartika. (2018). Pengaruh Teknik ECOLA (Extending Concept Trought
Language Activities) Terhadap Kemampuan Membaca
Pemahaman Siswa Kelas V SDN 5 Bungtiang TP. 2017/2018.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas
Hamzanwadi. Dr. Padlurrahman, M.Pd pembimbing I dan Nurul
Mu’minin MZ., M. Pd pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teknik ECOLA
(Extending Concept Trought Language Activities) Terhadap Kemampuan
Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 5 Bungtiang TP. 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain penelitian
pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SDN 5 Bungtiang berjumlah 40 orang. Kelas V A sebagai
kelas eksperimen berjumlah 20 orang dan siswa kelas V B sebagai kelas control
berjumlah 20 orang. Variabel penelitian ini menggunakan variabel bebas dan
variabel terikat. Variabel bebas adalah teknik ECOLA, sedangkan variabel terikat
adalah kemampuan membaca pemahaman.
Berdasarkan dari uji t yang dilakukan didapati t-hitung = 15,89 dan ttabel =
2,03 pada taraf singnifikan 5%. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha
diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dengan menggunakan teknik ECOLA Terhadap Kemampuan Membaca
Pemahaman Siswa Kelas V SDN 5 Bungtiang TP. 2017/2018.
Kata kunci: ECOLA (Extending Concept Trought Language Activities), membaca
pemahaman