Abstract :
Eva Sugiarti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Learning Dengan
Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Menulis Puisi
Siswa Kelas V SDN 7 Apitaik Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Hamzanwadi.
Dr. Padlurrahman, M. Pd Pembimbing I dan Nurul Mu’minin, MZ,
M. Pd Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Outdoor Learning dengan permainan ular tangga terhadap
kemampuan menulis puisi siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode
eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 7 Apitaik sebagai
kelas eksperimen dan kelas V SDN 5 Apitaik sebagai kelas kontrol yang
keseluruhannya berjumlah 34 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah
Quasi Eksperimental Design bentuk Postest Only Control Design. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes intruksi menulis puisi. data dianalisis
menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis
menunjukkan bahwa tabel yaitu yaitu (2,293>2,037) yang berarti Ho ditolak
dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan
dalam penggunaan model pembelajaran outdoor learning dengan permainan ular
tangga terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 7 Apitaik tahun
pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Outdoor Learning, Permainan Ular Tangga,
Kemampuan Menulis Puisi