Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan
matematika realistic (PMR) berbasis teori van hiele pada pembelajaran matematika
kelas V SDN2 Jerowaru tahun pelajaran 2018/2019. Jenispenelitian ini True
Eksperimen Design dengan jenis pretest postest control group design. Dalam
penelitianini menggunakan penelitian populasi yakni ke seluruhan kelas V SDN 2
jerowaru tahun pelajaran 2018/2019. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini
yaitu menggunakan tehnik simple random sampling atau seluruh siswa kelas V SDN2
Jerowaru tahun pelajaran 2018/2019 dengan ketentuan kelas V A sebagai kelas
eksperimen dan kelas V B sebagai kelas control dimana tehnik pengumpulan data
menggunakan tes essay. Berdasarkan kriteria pengujian, harga thitung > ttabel
(5,10.2,045) sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penggunaan model
pendidikan Matematika realistic berbasis teori van hiele pada pembelajaran
matematika kelas V SDN2 Jerowaru tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: Model Pendidikan Matematika Realistic (PMR)berbasis teori van hiele,
Hasil belajar Matematika