Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk yang berupa bahan ajar
KOMPIN (Komik Pendidikan) IPA berbasis metode pembelajaran Cooperative
Script pada siswa kelas IV SDN 02 Suela tahun ajaran 2019
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model
ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yang terdirir dari Analysis (Analisis), Design
(Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi)
dan Evaluation (Evaluasi)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar KOMPIN (Komik
Pendidikan) IPA berbasis metode pembelajaran Cooperative Script layak
digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli diketahui bahwa
bahan ajar kompin IPA dikategorikan “Sangat Baik†dengan kriteria sebagai
berikut dari segi ahli materi menghasilkan jumlah skor aktual 41 dengan rata-rata
27, dari segi tampilan juga dalam kategori “Baik†menghasilkan jumlah skor
aktual 26 dengan rata-rata 21, dan dari segi bahasa dalam kategori “Sangat Baikâ€
menghasilkan jumlah skor aktual 28 dengan rata-rata 18. Berdasarkan hasil uji
coba lapangan diperoleh data ketika uji coba skala kecil dengan persentase
keseluruhan responden “Ya†sebanayak 97% dan saat uji coba skala besar dengan
persentase keseluruhan responden “Ya†100%.sehingga dapat disimpulkan bahwa
bahan ajar KOMPIN (Komik Pendidikan) IPA berbasis metode pembelajaran
Cooperative Script memenuhi kriteria valid dan efektif yang telah dikembangkan
sesuai prosedur pengembangan.
Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar KOMPIN (Komik Pendidikan), Metode
Pembelajaran Cooperative Scrip