Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audio Visual
Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Memahami Isi Cerita Pada Kelas IV SDN 7
Lendang Nangka Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah termasuk
eksperimen semu (quasi eksperimental design). Desain penelitian yang digunakan
yaitu nonequivalent control grub design. Adapun sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD 7 Lendang Nangka tahun ajaran 2018/2019 dengan
ketentuan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data menggunaka tes keterampilan memahami isi
ceita. Sebelum data dianalisis, instrumen terlebih dahulu diuji validitas dan
reliabilitasnya. Kemudian setelah data terkumpul dilakukan analisis hasil posttest
kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai ratarata posttest kelas ksperimen yakni 77 dan kelas kontrol yakni 68,6. Untuk uji
prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji
normalitas menggunakan rumus chi-kuadrat. Kemudian untuk uji hipotesis
menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa fhitung > ftabel
yaitu (3,32 > 2,0015). Ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima,
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Audio Visual
Terhadap Keterampilan Memahami Isi Cerita Pada Kelas IV SDN 7 Lendang
Nangka.
Kata Kunci: Media pembelajaran Audio Visual, Keterampilan Memahami Isi
Cerita