Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
inquiry berbantuan permainan tradisiona jamur terhadap hasil belajar IPA siswa
kelas IV SDN 7 Apitaik Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini
menggunakan posstest prittest Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang
digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Penelitian ini melibatkan
dua sekolah yakni sekolah SDN 7 Apitaik sebagai kelas Eksperimen dan SDN 5
Apitaik sebagai kelas kontrol. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan
tehnik Tes berbentuk soal pilihan ganda terhadap hasil belajar siswa. Data dianalisis
menggunakan uji-t. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu
(8,285>2,776) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiri berbantuan perrmainan tradisional
(jamur) terhadap hasil belajar siswa IPA siswa kelas IV SDN 7 Apitaik Tahun
Pembelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Model Pembelajaran inquiry, berbantuan permainan tradisional
(jamur), terhadap hasil belajar siswa IPA.