Abstract :
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk
berupa buku saku berbasis teori belajar Dienes pada pelajaran matematika kelas 2
SDN 2 Korleko Tahun Pelajaran 2018, Penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan Borg and Gall yang dilakukan 9 tahapan, yaitu penelitian
pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi ahli, uji
coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, Penyempurnaan
Produk Hasil Uji Lapangan, Penyempurnaan produk akhir, uji pelaksanaan
lapangan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa.Subjek uji coba dalam penelitian
ini adalah semua siswa kelas 2 SDN 2 Korleko yang berjumlah 20 orang.Produk
yang dikembangkan berupa buku saku dengan menggunakan teori belajar Dienes,
penilaiannya dilihat dari segi materi dan segi tampilan. Nilai hasil validasi buku
saku dari segi materi adalah 4,4 kategori sangat baik dengan rentang sekor 44 x >
41,88 sedangkan dari segi tampilan adalah 2,9 kategori cukup baik dengan rentang
skor 26 < x ≤ 26 dengan ktegori “valid†dan layak untuk digunakan berdasarkan
revisi dari masing-masing validator. Persentase siswa yang memberikan respon
positif terhadap buku saku mencapai 86% dan data yang diperoleh dari tes hasil
belajar siswa mencapai 86% dapat disimpulkan dalam penelitian ini
pengembangan buku saku matematika berbasis teori belajar Dienes dengan
menggunakan model Borg and Gall dikatakan Valid dan efektif terhadap
pembelajaran pada materi unsur dan sisi bangun datar kelas 2 SDN 2 Korleko
Tahun Pelajaran 2018.
Kata kunci: Pengembangan, buku saku, mstematika teori belajar Dienes.