Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat
keberhasilan siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan metode
pembelajaran resource based learning (RBL) materi pokok prilaku kegiatan
ekonomi pada siswa kelas X SMAN 1 Sakra Timur Tahun Pembelajaran 2017/
2018. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1
sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 5
orang laki-laki dan 19 orang perempuan dan kelas X IPS 2 sebagai kelompok
kontrol dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 8
orang perempuan. Nilai terendah untuk kelompok eksperimen adalah 50 dan nilai
tertingginya 95 sedangkan untuk kelompok kontrol nilai terendahnya adalah 40
dan nilai tertingginya adalah 85. sehingga dari perhitungan data tersebut
kelompok eksperimen 1 yang di ajarkan dengan metode resource based learning
(RBL) di dapat nilai rata-rata 72,5 standar deviasi 14,12, dan untuk kelompok
kontrol yang di ajarkan dengan metode konvensional nilai rata-ratanya 66,5 dan
standar deviasinya 12,98. Berdasarkan data hasil penelitian didapatkan t hitung=
3,428 dan t tabel = 2,014 (3,428 > 2,014) sehingga dari data ini maka hipotesis
(Ha) di terima yang berbunyi,ada pengaruh metoe resource based learning dalam
mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Sakra Timur
2017/2018
Kata Kunci: pengaruh, Metoderesource based learning,. Mata Pelajaran
ekonomi.