Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional
dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa
kelas XI IPS II SMAN 1 Terara tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Terara tahun
pembelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Purposive
Sampling. Sampel berjumlah 40 siswa kelas XI IPS II SMAN 1 Terara tahun
pembelajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah desain
penelitian paradigma ganda dengan dua variabel independen dan satu variabel
dependen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil hipotesis
menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu (4,385 > 2,026) yang berarti H0
ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh
kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa
kelas XI IPS II MAN 1 Terara tahun pembelajaran 2018/2019. t-hitung < t-tabel
(0,283 <2,026) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat dikatakan
bahwa tidak terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata
pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Terara tahun pembelajaran
2018/2019. F-hitung > F-tebel (9,787 > 3,252) yang berarti Ho ditolah Ha
diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan
emosional dan keiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran
ekonomi siswa kelas XI IPS II SMAN 1 Terara tahun pembelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar