Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media dakota milenial pada
pelajaran matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg and
Gall. Dari 10 tahapan yang ada, yang digunakan hanya 3 tahap, yaitu tahap
penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, dan desain draf produk (validasi,
revisi, prototype). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Sakra
sebanyak 20 orang siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini
meliputi lembar validasi dan angket. Data yang diperoleh pada penelitian ini
berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah perhitungan menggunakan skala lima untuk analisis hasil
validasi dan skala dua untuk analisis angket respon siswa. Hasil validasi dari ahli
tampilan media dan ahli materi menunjukkan klasifikasi “baik†dan “sangat baikâ€
dengan total nilai untuk validasi tampilan media adalah 41 dengan rata-rata 4,1,
dan total nilai untuk validasi materi adalah 43 dengan rata-rata 4,3. Sedangkan
hasil angket respon siswa pada ujicoba sangat positif dengan memperoleh ratarata persentase 99,3% untuk jawaban “yaâ€, dan 0,7% untuk jawaban “tidakâ€.
Dengan demikian, dapat disimpulkan media dakota milenial layak digunakan
dalam proses pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Dakota Milenial.