Abstract :
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPOKOK
BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN
KELAS X MA NW PAOKLOMBOK
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
HERMAWATI
Program Studi Pendidikan Biologi
Email: hermawati17@gmail.com
PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyaPengaruh Model
Pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa Kelas X MA. Nw Paoklombok
Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenispenelitianiniadalahquasi experimental design
dalam bentuk post-test only control design.
Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XMA. NW Paoklombok dan sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 30 siswa dan siswa kelas X2sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30
siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling,
yaitu secara acak. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahtes yang
berupatesuntuk melihat hasil belajar siswa.Teknikanalisa data yang
digunakanuntukmengujihipotesisdalampenelitianiniadalahuji-t.
Nilai rata-rata darihasiltes belajarsiswa yangdiperolehdarikelaseksprimen
yaitu ( = 73,5) dankelas kontrol ( = 68,3). Hasil uji normalitas kelas eksperimen
dan kelas kontrol menunjukkan kategori berdistribusi normal. Untuk kelas
eksprimenNilaiχ2hitung(7,08)<χ2tabel(11.070)dankelascontrolnilaiχ2hitung(6,65
)<χ2tabel(11,070). Sedangkan untuk uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas
kontrol menunjukkan kedua kelompok berkategori homogen
yangdilihatdarinilaiFhitung (0,99) t-tabel (1,67). Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran
jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X MA. NW Paoklombok Tahun
Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci:Model pembelajaran jigsaw , Hasil belajar.